Home >> Penyakit Chlamydia: Penyakit Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Penyakit Chlamydia: Penyakit Penyebab Kemandulan Pada Wanita

Penyakit Chlamydia merupakan penyakit organ reproduksi yang berbahaya. Jika penyakit ini dibiarkan maka  akan menyebabkan terjadinya kemandulan pada wanita. Penyakit Chlamydia terjadi akibat penularan organisme yang menyerupai bakteri lewat penyakit menular seksual. Pada umumnya, penyakit ini menyerang mereka yang mempunyai kebiasaan seks dan gaya hidup yang bebas.
 
 
Penyakit Chlamydia timbul dengan gejala awal yaitu terjadinya infeksi pada serviks dan meingkatnya cairan keputihan pada wanita. Selain itu, ketika melakukan hubungan seksual wanita yang mengidap penyakit Chlamydia akan mengalami pendarahan yang cukup sakit. 
 
Jika dibiarkan berlanjut, penyakit Chlamydia akan menyerang tuba fallopi dan memicu penyakit Pelvic Inflammatory Disease atau PID. Gejala yang timbul akibat penyakit Chlamydia yaitu sakit perut dan rasa sakit saat melakukan hubungan seksual. Jika tidak ada penanganan secara cepat maka penyakit ini akan menyerang tuba fallopi dan menyebabkan kemandulan pada wanita.
 
Penyakit Chlamydia berdampak signifikan pada terjadinya kemandulan pada wanita. Penyakit Chlamydia menyerang tuba fallopi dimana tuba fallopi merupakan saluran sel telur menuju rahim. Jika terjadi masalah pada tuba fallopi maka sel telur tidak akan bisa sampai ke rahim dan tidak akan bisa melakukan pembuahan. 
 
Pembuahan terjadi jika sel telur dan sel sperma bertemu dalam satu tempat yaitu rahim dan melewati saluran tuba fallopi. Maka dari itu kenapa penyakit Chlamydia sangat berbahaya untuk wanita. Wanita dengan kondisi tidak bisa hamil merupakan ancaman paling besar untuk kelangsungan rumah tangga dan generasi penerus. 
 
Rubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Jangan melakukan hubungan seksual dengan banyak orang dan hindari ganti-ganti pasangan. Anda bisa mengantisipasi dengan menggunakan alat kontrasepsi saat melakukan hubungan seksual. Alat kontrasepsi bisa mencegah anda dari penyakit menular yang bisa menyebabkan terjadinya kemandulan pada wanita.


Baca Juga Yang Lain



Back