Home >> Beberapa Resiko Pada Program Bayi Tabung

Beberapa Resiko Pada Program Bayi Tabung

Program bayi tabung merupakan jalur alternatif bagi pasangan yang sudah lama tidak bisa mempunyai anak. Bayi tabung merupakan proses pertemuan sel telur dan sel sperma yang terjadi di luar rahim wanita. Kejadian pembuahan akan terjadi di luar rahim yang nantinya akan dimasukan ke dalam perut calon ibu yang akan diinplantasi. Program bayi tabung itu sendiri memiliki banyak resiko, baik bagi calin ibu sendiri bahkan bagi janin tersebut. Beberapa resiko pada program bayi tabung bisa anda simak di bawah ini.
 
 
Resiko terjadinya rangsangan terhadap indung terlur yang menyebabkan terjadinya menumpuknya cairan dalam rongga perut . Hal tersebut menyebabkan calon ibu mengalami gejala kembung pada perut, mual, hilangnya selera makan, dan terlalu sering muntah. Bagi para suami diwajibkan untuk siap siaga dalam memantau perkembangan calon ibu. Lakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter ahli untuk meminimalisir gejala dan resiko program bayi tabung.
 
Pada program bayi tabung, ada kemungkinan untuk terjadinya kehamilan kembar tapi lebih dari dua. Hal tersebut diakibatkan karena pemberian embrio yang dimasukan ke dalam rahim terlalu banyak.  Selain resiko kemungkinan kehamilan kembar, resiko bayi terlahir prematur akan dialami oleh pasangan yang menjalani program bayi tabung. Untuk meminimalisir resiko yang berbahaya terhadap program bayi tabung maka sebelumnya harus mempertimbangkan usia calon ibu dan batasi embrio yang akan dimasukan ke dalam rahim.
 
Resiko lainnya yaitu terjadinya pendarahan dan infeksi pada rahim yang diakibatkan saat pengambilan sel telur menggunakan jarum. Sehingga ada kemungkinan jarum tersebut mengenai usus, pembuluh darah dan kandung kemih. Selain itu, resiko keguguran dan hamil diluar kandungan sangat membahayakan kondisi calon ibu. Tapi saat ini hal tersebut bisa diantisipasi dengan penggunaan USG sehingga resiko untuk terjadinya keguguran dan pendarahan bisa diminimalisir.
 
Selain resiko yang sudah dijelaskan diatas, resiko terhadap keuangan memang sudah tidak bisa dihindari. Meskpiun biaya untuk program bayi tabung sangat mahal, banyak pasangan yang melakukan program ini karena ingin mempunyai anak. Sebelum anda dan pasangan menyetujui prosedur program bayi tabung yang akan dijalani, sebaiknya periksakan kesehatan masing-masing pasangan. Persiapan mental dan fisik sangat diperlukan untuk menjalankan program bayi tabung
 


Baca Juga Yang Lain



Back